DPRD Bolmong Matangkan Ranperda 2019

Berita, Bolmong379 views
LOLAK, KILAS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama Pemkab Bolmong, Kemenkumham serta akademisi Fakultas Hukum De La Salle Manado membahas beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tahun 2019, Selasa (29/01/2019) di ruang rapat Komisi II DPRD Bolmong.

Ketua Bapemperda Marthen F. Tangkere memimpin rapat  menyampaikan lima hal penting yang menjadi pokok pembahasan.

“Ada lima Ranperda yang akan dibahas diantaranya terkait Ranperda Pemberdayaan Tenaga Kerja Daerah, Pengelolaan Lingkungan Hidup, Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan, dan Pemberdayaan Tenaga Kerja,” jelas Tangkere.

Ia mengatakan bahwa di daerah Bolmong sudah ada beberapa perusahan yang masuk, sehingga kita perlu memberdayakan tenaga kerja lokal agar tenaga kerja lokal  tidak tersingkir di daerahnya sendiri.

“Kita harus memberdayakan tenaga kerja lokal jangan sampai mereka tersingkir di daerahnya sendiri. Contoh di PT Conch, memang ada tenaga kerja lokal, tapi banyak juga tenaga kerja dari luar daerah maupun tenaga kerja asing,” terang Aleg Partai Golkar ini.

Ia menambahkan, di Bolmong juga banyak terdapat pertambangan ilegal yang perlu diperhatikan.

“Jangan sampai adanya kerusakan lingkungan akibat aktivitas pertambangan ilegal. Jadi perlu diperhatikan oleh Pemda dalam hal ini instansi teknis,” jelas Tangkere.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Bolmong Derek Panambunan mengatakan berkaitan dengan pemberdayaan ketenagakerjaan yang akan kita atur bukan hanya pelatihan tenaga kerja tetapi juga kewajiban perusahan perlu kita rumuskan dalam pasal.

“Kalau naik pohon kelapa tidak perlu orang asing, kita bisa gunakan orang lokal,” ujarnya bercanda.

Panambunan menambahkan, rapat bersama ini untuk merumuskan dan memberikan masukan dalam penyusunan Ranperda agar lebih baik dan matang demi kemajuan daerah serta kepentingan masyarakat Bolmong.

Turut hadir beberapa anggota DPRD Bolmong seperti Ahadin Mamonto,
Evanglin Mahabir, Ferry Rengkuan, dan I Made Suarinta, jajaran Pemkab Bolmong Asisten I Derek Panambunan, para kepala dinas dan tamu undangan. (Syd)