Hasil Meningkat, Petani Desa Motabang Senang Akan Pendampingan Babinsa

Bolmong213 views

B O L M O N G – Untuk memaksimalkan ketahanan pangan di wilayah, Babinsa Desa Motabang Koramil 1303-11/Lolak Kopda Rusmanto Paputungan turun langsung membantu petani saat panen jagung yang berada di Desa Motabang Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Selasa (22/01/2019).

Panen jagung di lahan seluas 1 hektar milik Bapak Hamka Kobandaha, yang ditanami jenis jagung Hibrida BISI-2, dilakukan langsung pemilik lahan bersama buruh tani dari Desa Motabang.

Kopda Rusmanto Paputungan saat dikonfirmasi menuturkan, panen jagung di lahan seluas 1 hektar tersebut diperkirakan mencapai 3 ton. “Hasil panen ini tergolong bagus mengingat pada masa pertumbuhannya saat musim kemarau ketika pasokan air sudah mulai berkurang,” ungkapnya.

Sementara Bapak Hamka Kobandaha pemilik lahan jagung yang dipanen mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan hasil panen kali ini yang lumayan bagus. Bapak Hamka juga menyambut gembira kehadiran Babinsa yang turut mendampingi dan membantu panen jagung di lahan miliknya.

Ditempat terpisah, Danramil 1303-11/Lolak Kapten Inf Paulus Landeng saat dikonfirmasi mengatakan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa tidak terbatas pada panen saja namun dilakukan mulai pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan termasuk pendistribusian benih dan pupuk untuk petani.

“Semua ini dimaksudkan demi mensukseskan program ketahanan pangan menuju tercapainya swasembada pangan di wilayah. Kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani ini diharapkan memiliki dampak positif dan mampu memotivasi petani untuk meningkatkan produktifitas pertanian,” ungkap Danramil.