Serda Jeski Dampingi Petani

Bolmong313 views
LOLAK, KILAS – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-02/Passi Serda Jeski Pangemanan melaksanakan pendampingan petani dalam kegiatan pemberian pupuk dan mencabut rumput yang mengganggu tanaman batang bawang milik Roy Mokalu di Desa Sinsingon Induk Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolmong dengan luas 2,5 Hektare Rabu (16/01/2019).

Kecamatan Passi Timur merupakan salah satu bagian wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow yang secara georafis memiliki banyak perbukitan, hal tersebut tentunya mempengaruhi budaya, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.

Begitupun para petani yang telah bertahun-tahun beradaptasi dengan kondisi wilayah tersebut yang subur untuk di tanami sayuran.

Seperti halnya para petani di Desa Sinsingon Induk, mereka memaksimalkan lahan pertanian dengan menanami tanaman holtikultura baik itu sayur mayur, buah buahan maupun tanaman hias.

Danramil 1303-02/Passi Kapten Inf Asrak Badarun mengungkapkan, dalam setiap kesempatan dirinya selalu menekankan kepada anggota agar terus berupaya memberikan pendampingan dan motivasi kepada petani.

“Kami tetap menghormati adat istiadat dan kebudayaan masyarakat binaan,” ujar Danramil.

Para petani bisa diarahkan untuk menanam tanaman selain padi yang mempunyai nilai ekonomis seperti cabai, jagung dan juga buah-buahan yang sesuai dengan kondisi struktur tanah di wilayah Kecamatan Passi Timur.

Roy Mokalu satu diantara petani menyampaikan terimakasih atas bantuan dari Babinsa.

“Bantuan yang diberikan dari TNI menambah motivasi dan semangat untuk berkebun dan mengelola pertanian,” singkatnya. (Syd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *