oleh

Serda Khalil Pohontu Bantu Petani Tanam Padi Dengan Sistem Tegel

-Bolmut-331 views

B O L M U T – Jajaran Kodim 1303/Bolmong terus memberikan pendampingan pertanian dalam kegiatan Upaya Khusus (Upsus) guna membantu para petani di wilayah binaannya.

Seperti pendampingan Upsus yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang Serda Khalil Pohontu yang membantu petani dari Desa Jambusarang yang masuk dalam Kelompok Tani “Sukamaju” menanam padi dengan sistem tegel, di Desa Jambusarang Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolmut, Kamis (24/01/2019).

Menurut Danramil 1303-14/Bolangitang Kapten Inf Supardi mengatakan, “Sistem tanam padi yang digunakan kali ini adalah konvensional atau lebih di kenal dengan sistem tegel, Cara penanaman pada tanah yang relatif subur menggunakan jarak tanam 25 cm X 25cm dan 20cm x 20cm pada tanah yang kurang subur,” ujar Danramil.

Lanjut Danramil, “Keuntungan dari sistim ini di antaranya penanaman lebih cepat, bibit lebih sedikit, saat pembersihan gulma disawah sangat mudah, pemupukan lebih cepat,” jelas Danramil.

Danramil berharap, pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa jajarannya tersebut sebagai wujud dari ketahanan pangan di Desa binaannya. “Kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga para petani bisa turut serta menciptakan swasembada pangan secara Nasional dan masyarakat terhindar dari kekurangan pangan,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.