Babinsa Desa Tolondadu Dampingi Petani Tanam Padi

Bolsel281 views

B O L S E L – Tetap Semangat, Jajaran Kodim 1303/Bolmong Koramil 1303-08/Bolaang Uki melalui Babinsa (Bintara Pembina Desa) oleh Serda Arwin Pasungke meluangkan waktu dan tenaganya mendampingi Kelompok Tani (Poktan) “Cempaka Tiga” yang berada di Desa Tolondadu Dua Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolsel dengan menanam padi seluas 1 hektare (ha), Senin (04/02/2019).

Komandan Koramil (Danramil) 1303-08/Bolaang Uki Kapten Inf Jani Mamangkey mengatakan, sampai saat ini peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) menjadi motivator, fasilitator, dinamisator dan bahkan ada yang mampu menjadi innovator bagi Kelompok Tani dilapangan.

“Apapun sebutannya, Babinsa akan selalu melakukan pendampingan dengan tujuan akhir tercapainya program swasembada pangan,” ujar Danramil saat dikonfirmasi melalui aplikasi Telegram.

Disampaikannya, sejauh ini peran Babinsa itu sudah mulai dilakukan secara bertahap dan mulai meluas baik dalam cakupan wilayah binaannya maupun kualitas pendampingan di semua wilayah di tanah air.

Sementara itu, Pasi Teritorial Kodim 1303/Bolmong Lettu Inf Muyassir Sip sebagai superfisi kegiatan Upsus (Upaya Khusus) pada kegiatan ketahanan pangan menjelaskan, keterlibatan Babinsa sudah dilaksanakan, karena para Babinsa Komando kewilayahan Kodim berperan dalam bidang ketahanan pangan.

“Mereka mempunyai kewajiban melaporkan data teritorial yang ada di desa binaannya serta menjaga tetap dalam kondisi yang baik. Melalui program ketahanan pangan ini, justru suatu peningkatan, karena begitu program digulirkan Babinsa juga ditingkatkan kemampuannya dengan diberikan pelatihan di bidang pertanian, sehingga mengerti komponen apa aja yang menunjang keberhasilan ketahanan pangan, bukan supaya bisa bercocok tanam saja,” jelas Pasiter Dim 1303/Bolmong.

Pendampingan Babinsa lanjut Lettu Inf Muyassir, diperlukan untuk mengawasi distribusi pupuk dan bibit agar bisa sampai ke tangan petani tepat sasaran maupun tepat waktu.

“Semoga langkah Positif ini dapat segera mewujudkan Ketahanan Pangan yang kita dambakan bersama,” harap Pasi Teritorial Kodim 1303/Bolmong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *