oleh

Kodim 1303/Bolmong Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

KOTAMOBAGU – Jajaran Kodim 1303/Bolmong menggelar upacara dan dilanjutkan dengan membersihkan lingkungan di sekitar Lapangan Hotinimbang Kota Kotamobagu, untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Kamis (21/2/2019).

Danramil 1303-02/Passi Kapten Inf Asrak Badarun mewakili Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono S.Sos mengatakan, bahwa 21 Februari telah ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.

“Dasar dari penetapan hari ini ialah peristiwa ĺongsor sampah di TPA Leuwigajah, Jawa Barat pada 21 Februari 2005 yang lalu. Pada saat itu longsor terjadi karena curah hujan tinggi ditambah ledakan gas metana yang terperangkap dalam timbunan sampah,” ujar Kapten Inf Asrak.

Akibat dari peristiwa tersebut, lebih dari 150 jiwa menjadi korban dan ditetapkanlah hari tersebut sebagai bencana lingkungan.

Mengingat tragedi tersebut Kapten Inf Asrak Badarun mengajak agar masyarakat secara bijak menyikapi tentang lingkungan agar tidak terjadi peristiwa yang sama.

Seusai menggelar upacara, seluruh peserta upacara melakukan kegiatan pembersihan lingkungan di sekitar Lapangan Hotinimbang Kota Kotamobagu.

DIjelaskan Kapten Inf Asrak, sejalan dengan tema peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 ini, “Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai”, budaya 3R (Reuse, Reduce, Recycle) harus terus diingatkan kepada masyarakat karena sangat penting.

Tema tersebut juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Kotamobagu dalam pengelolaan sampah karena pada awal tahun 2019 ini telah berhasil merebut piala Adipura.

“Untuk itu masyarakat menjaga lingkungan agar tetap bersih yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat,” ucap Kapten Inf Asrak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.