Selain Jago Perang, Babinsa Poyowa Kecil Mahir Menggunakan Hand Traktor

Kotamobagu725 views

KOTAMOBAGU – Dalam rangka mensukseskan Swasembada Pangan. Salah satu diantaranya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu Kopda Muh Arif yang melakukan pendampingan sekaligus membantu membajak sawah petani milik Bapak Dugian dengan luas hamparan 5 Hektar yang berada di Desa Poyowa Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu, Selasa (12/02/2019).

Lettu Inf Muyassir Sip selaku Danramil 1303-01/Kotamobagu mengatakan, “Seorang prajurit TNI tidak semata mata hanya jago dimedan pertempuran akan tetapi harus jago juga dimedan ladang. Seperti yang dilakukan Babinsanya yang saat ini sedang turun ke sawah membantu petani membajak sawah dengan menggunakan alat bajak modern jenis hand traktor untuk menggarap lahan sawah sehingga hasil membajaknya lebih cepat dan segera ditanami,” terang Danramil.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI dalam mendampingi para petani dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Kotamobagu Selatan, sehingga tercipta Swasembada Pangan yang mencukupi. Babinsa selalu memotivasi, memantau dan memonitoring untuk menghimbau para petaninya yang sudah panen agar segera menggarap lagi lahan sawahnya,” ujar Danramil.

Danramil menambahkan, pembentukan kelompok tani sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan kerjasama. Kelompok Tani terbentuk atas dasar kesamaan kondisi lingkungan, kepentingan yang sama, satu tujuan yaitu meningkatkan dan mengembangkan usaha anggotanya.

Seperti halnya dengan Kelompok Tani yang berada di wilayah binaan Babinsa ini, yang mana Kopda Muh Arif melakukan pendampingan upaya khusus (upsus) dengan menyiapkan lahan pertanian dengan membajak sawah.

“Tujuan serta adanya Kelompok Tani sejalan dengan adanya pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa. Komitmen pendampingan kepada petani tersebut, merupakan komitmen dan bukti TNI-AD benar benar menjalankan tugasnya mewujudkan Swasembada Pangan Nasional,” tutup Danramil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *