Babinsa Desa Bolaang Berikan Arahan Dan Pendampingan Kepada Petani

Bolmong264 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-09/Bolaang Serda Umar Larawati pagi ini membantu petani menjemur padi jenis Serayu bersama petani binaannya yang berada di Desa Bolaang Kecamatan Bolaang Timur Kabupaten Bolmong, Selasa (05/03/2019).

Penjemuran padi hasil panen ini bertujuan agar bulir padi kering tidak terjadi pembusukan, sehingga bertahan lama untuk disimpan sebelum digiling atau dibibit untuk tanam selanjutnya.

Serda Umar Larawati mengatakan cara penjemuran gabah harus ditempat yang kering, sinar matahari cukup dan usahakan jangan menjemur pada cuaca mendung dan cenderung mau hujan agar cepat kering.

“Kalau bisa menjemur dengan dasar lantai atau terpal yang bila terkena sinar matahari menjadi panas,” ujar Serda Umar.

Babinsa sebagai pendamping pertanian untuk pengeringan padi bisa di lakukan secara berulang-ulang kali sampai dengan 3 hari berturut-turut tergantung cuaca (mendung atau terik matahari).

Babinsa Desa Bolaang juga memberikan arahan kepada petani agar dalam penjemuran di tempat yang lapang tidak banyak pepohonan, bebas dari genangan air dan bebas dari gangguan unggas yang akan memakan bulir padi.