Beginilah Peran Nyata Babinsa Pinolosian Mendampingi Petani

Bolsel281 views

B O L S E L – Upaya khusus (Upsus) pendampingan bagi para petani yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1303/Bolmong terus dilakukan. Pendampingan ini dilakukan meliputi semua tahapan pertanian, mulai dari panen hingga panen lagi, demikian seterusnya.

Pendampingan sejak panen, kemudian pasca panen. Selanjutnya pemasaran, pengolahan lahan, penyediaan bibit, pemupukan, pengobatan. Pendampingan juga dilakukan saat penanaman bibit dan budayanya hingga panen. Termasuk pula cara menghadapi hama, tata kelola irigasi, peluang usaha pertanian, dan selanjutnya hingga terus berulang.

Pendampingan tidak dilakukan dari kantor atau di pinggir sawah. Para babinsa melakukannya dengan terjun langsung ke sawah. Bahkan ikut membantu petani di sawah, Kamis (14/03/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para Babinsa tersebut untuk mendukung para petani di Desa binaannya yang merupakan perintah langsung dari Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono S.Sos.

Hal ini disadari betul oleh Kopda Manus Dules R, Babinsa Desa Dumagin Koramil 1303-06/Pinolosian. Dia sedang membantu salah satu warga di desa binaannya tersebut, memanen padi seluas 0,5 hektare milik Bapak Dance anggota Kelompok Tani “Moilom”.

Kopda Manus saat dikonfirmasi mengatakan, pendampingan kepada petani merupakan program Upsus. Program itu membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil panen menuju swasembada pangan di wilayah binaan.

Bapak Dance selaku pemilik lahan, merasa sangat bersyukur dengan hasil panen yang diperolehnya. Meskipun belum mencapai maksimal, tetapi hasil panen padi saat ini sudah meningkat dibandingkan masa panen yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *