Berantas Gulma, Babinsa Bersama Petani Desa Linawan Turun Ke Sawah

Bolsel222 views

B O L S E L – Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil tanaman produksi.

Untuk mengentaskan Gulma ini disebut dengan “Penyiangan” yaitu suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah.

Para petani pun dituntut untuk melakukan penyiangan demi harapan hasil yang maksimal. Dan hari Jumat (08/03/2019) kemarin Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian Serda Safihuddin bersama Bapak Lajima Lapadang melaksanakan penyiangan Gulma dilahan seluas lahan 0,5 Hektar.

Sebagaimana Babinsa merupakan pendamping bagi kelompok Tani “Balombo Jaya” di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolsel. Selain itu, kegiatan penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar Matahari.

Sehingga tanaman yang tumbuh harus mendapatkan nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Sementara itu, Plh Danramil 1303-06/Pinolosian Pelda Junil Tehalu juga menyampaikan kehadiran anggota TNI dalam pendampingan pertanian adalah bagian dari mewujudkan program pangan Nasional.

“Sehingga seperti pendampingan saat Penyiangan yang dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan kimiawi. Yang manual dengan tangan, dengan cara kimiawi dengan herbisida,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *