oleh

Hadiri Sosialisasi, Babinsa Bolaang Uki Optimalkan Peran Linmas

-Bolsel-401 views

B O L S E L – Mengacu kepada Undang-Undang TNI No. 32 Tahun 2004 tentang TNI, satuan kewilayahan TNI-AD memiliki kewenangan untuk melakukan OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang salah satunya adalah memberikan perbantuan kepada Pemerintah Daerah.

TNI-AD memainkan peran dan fungsinya dalam mengakselerasi pembangunan di daerah yang berkorelasi guna memenuhi berbagai tuntutan publik.

Salah satu implementasinya adalah dengan melaksanakan sosialisasi dan melatih guna meningkatkan kapasitas Peran Linmas di bidang keamanan Desa Momalia Satu Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolsel, Selasa (26/03/2019) Kemarin.

Dalam sosialisasi tersebut, nampak hadir Camat Posigadan Bapak Kasman Jauhari Spd, Kakesbangpol Bolsel Bapak Raston Mooduto Spd, Kapolsek Posigadan Iptu Sujianto, Tokoh Masyarakat dan Personil Linmas Kecamatan Posigadan.

Diterangkan Serda Hermawan, bahwa, Babinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki, telah melatih sejumlah 60 orang Linmas Se-Kecamatan Posigadan.

Pasalnya, Linmas merupakan bagian integral dalam sistem pertahanan keamanan Nasional.

Linmas juga dibentuk pada setiap desa dan anggotanya diangkat dari masyarakat yang telah diberikan pelatihan oleh militer dibawah pengawasan Bupati.

Dijelaskan Serda Hermawan bahwasanya fungsi Linmas dalam kehidupan masyarakat sehari–hari berdasarkan asas legalitas yang meliputi, antaranya bagian dalam penanggulangan bencana alam, pengamanan Pemilu, bagian dalam antisipasi terorisme, menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Diharapkan kedepan Linmas mampu mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi dalam membantu Kepolisian dan TNI untuk mengatasi teroris melalui pendekatan persuasif, edukatif dan partisipatif,” ujarnya.

Adapun maksud dan tujuan diadakan kegiatan tersebut, yaitu dalam rangka meningkatkan pembekalan, pengetahuan bagi perangkat Linmas desa serta mewujudkan personil Linmas yang handal dan Profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayah kedepannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.