Tak Hanya Pajale, Babinsa Kali Ini Dampingi Petani Desa Busisingo Merawat Tanaman Tomat

Bolmut421 views

B O L M U T – Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serka Muslimin membantu petani merawat tanaman tomat yang tumbuh subur di perkebunan Desa Busisingo. Kebun tersebut milik Bapak Jabar Mokodompit dengan luas 0,5 hektar yang berada di areal perkebunan Desa Busisingo Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolmut, Rabu (13/03/2019).

Perawatan batang tomat sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian tali atau penopang, pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari.

Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilihlah pestisida yang organik. Pemanenan buah tomat biasanya masa penen tomat adalah 3 bulan dari penanaman, namun hal ini tentunya sangat bervariasi tergantung dari jenis dan kesuburan tanaman. Petiklah tomat yang sudah mulai matang yang ditunjukkan dengan adanya perubahan warna dari hijau ke orange. Lakukan pemetikan 2 hari sekali dikarenakan buah tomat tidak matang secara bersamaan.

Petani di Desa Busisingo mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan serta sampai panen. Bahkan Babinsa ini bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, ia juga membantu di areal persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program swasembada ketahanan pangan Nasional.