Babinsa Bantu Olah Lahan Jagung Milik Petani Desa Lolak

Bolmong304 views

B O L M O N G – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-11/Lolak Kopda Munawir melaksanakan pendampingan pertanian di wilayah desa binaan, kali ini mendampingi petani mengolah lahan sebelum masa tanam jagung. Pengolahan lahan jagung seluas 1 hektare tersebut merupakan milik Lapuoo Paputungan, warga Desa Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Sabtu (13/04/2019).

Menurutnya, Cuaca kali ini diperkirakan sudah memasuki musim kemarau, jadi kami harus bergerak cepat persiapkan pengolahan lahan untuk ditanami jagung. “Alhamdulillah kami merasa terbantu dengan kehadiran Babinsa Kopda Munawir yang selalu pro aktif membantu mendampingi pertanian di desa kami,” ucap Bapak Lapuoo.

Menurut Komandan Rayon Militer (Danramil) 1303-11/Lolak Kapten Inf Paulus Landeng menyampaikan, kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa itu sangatlah penting, selain untuk memberikan motivasi para petani juga bertujuan untuk mendukung tercapainya program swasembada pangan Nasional, khususnya di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Danramil Lolak menambahkan, guna mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerjasama seluruh elemen masyarakat mulai dari para petani, kelompok tani, petugas PPL dan Babinsa. “Dikaitkan dengan permasalahan saat ini dengan keterbatasan petugas di lapangan, Babinsa ikut berperan aktif dalam melaksanakan pendampingan program upsus pertanian guna mencapai program swasembada pangan,” ujar Danramil.

“Seiring datangnya pergantian musim para petani diharapkan bergerak cepat untuk menanam jagung. Penyiapan lahan menjadi awal pekerjaan petani, dengan pengolahan lahan yang benar diharapkan nantinya tanaman jagung akan tumbuh subur tentunya juga harus dibarengi dengan pemupukan dan pemberantasan hama atau OPT yang tepat pula,” tutup Danramil Lolak Kapten Inf Paulus Landeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *