Serka Jaharuddin Dampingi Petani Desa Bunia Panen Padi

Bolmut201 views

B O L M U T – Guna membantu kelancaran proses panen padi di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serka Jaharuddin Mokodompit, melaksanakan pendampingan panen padi yang berada di Desa Bunia Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolmut, Selasa (23/04/2019).

Dengan penuh semangat Serka Jaharuddin Mokodompit melaksanakan pendampingan panen padi di lahan seluas 1,5 hektar yang ditanami jenis padi varietas Serayu milik Bapak Imran Korompot yang tergabung dalam Poktan “Sawah Besar”.

Pantauan Babinsa di lapangan, panen padi di lahan tersebut menghasilkan gabah kering panen yang diprediksi sebanyak 4 ton.

Masih kata Serka Jaharuddin Mokodompit, Pendampingan yang dilakukannya merupakan tugas dan tanggung jawabnya selaku Babinsa dalam upaya khusus pertanian guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan.

“Hasil panen ini termasuk sudah bagus dan meningkat dari hasil panen sebelumnya, mengingat cuaca masih bersahabat dengan petani,” terang Babinsa.

Pada kesempatan berbeda, Plh Danramil 1303-15/Bintauna Pelda Tenny Warouw mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan upaya khusus di bidang pertanian untuk membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan.

“Untuk mencapai kondisi tersebut (Swasembada pangan), para Babinsa bersama PPL secara rutin terjun ke lapangan melaksanakan pendampingan dan penyuluhan guna memotivasi petani agar lebih giat dalam bertani sehingga mendapatkan hasil panen yang optimal,” tuturnya.

“Karena untuk mendapatkan hasil panen yang bagus tak lepas dari cara pengolahan lahan dan sistem tanam yang benar hingga proses perawatan termasuk pemupukan yang harus tepat, baik waktu, jenis, dan dosis,” pungkas Pelda Tenny Warouw.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *