Babinsa Bantu Petani Menjaga Kualitas Hasil Panen Padi

Bolmut151 views

B O L M U T – Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang Serda Syaiful Lamunte melakukan pendampingan penjemuran padi milik Bapak Amat Korompot yang tergabung dalam Kelompok Tani yang berada di Desa Ollot Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolmut, Senin (20/05/2019).

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional.

Serda Syaiful Lamunte mengatakan, “Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan pengeringan, penggilingan dan penyimpanan Gabah di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah,” ujarnya.

Lanjut Serda Syaiful, Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

“Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan,” ungkap Serda Syaiful.

“Salah satu permasalahan klasik yang di hadapi petani dalam menjual padi hasil panen miliknya, adalah karena faktor kadar air, jadi untuk menyelesaikan masalah itu di butuhkan area penjemuran yang baik untuk meningkatkan kualitas padi,” tutup Serda Syaiful Lamunte.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *