Gotong Royong Angkat Rumah Warga, Babinsa Jaga Kearifan Lokal

Bolmong347 views

B O L M O N G – Budaya gotong royong memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan bermasyarakat, karena erat kaitannya dalam kehidupan sehari hari. Dengan gotong royong pekerjaan yang berat menjadi ringan sesuai dengan pepatah “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Pinogaluman Serma Made Lana yang merupakan anggota Koramil 1303-11/Lolak bersama masyarakat secara bergotong royong memindahkan rumah salah seorang warga binaannya yang berada di Desa Pinogaluman Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Selasa (28/05/2019).

Kegiatan gotong royong mengangkat atau memindahkan rumah seperti ini bukanlah hal yang lazim lagi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, karena sudah banyak sekali warga yang pernah memindahkan rumahnya dan dipindahkan ke lokasi yang lain. Babinsa Desa Pinogaluman menjadi salah satu pelopor dalam kegiatan gotong royong tersebut di wilayah Kecamatan Lolak, karena bisa mengajak warga sekitar untuk ikut serta dalam melaksanakan kegiatan ini.

Serma Made Lana mengatakan, kegiatan Karya Bhakti membantu masyarakat ini merupakan suatu bentuk kepedulian Babinsa Koramil 1303-11/Lolak terhadap kesulitan masyarakat, sehingga terjalin sinergitas antara TNI dan Rakyat.

“Sebagai Babinsa juga harus peka terhadap lingkungan tempat dimana menjadi daerah binaannya,” tuturnya.

Bapak Ernes M pemilik rumah mengatakan sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 1303-11/Lolak yang telah peduli dan memotivasi masyarakat dalam setiap kegiatan-kegiatan positif yang bertujuan membangun masyarakat dan desa binaannya.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi kami untuk semakin peduli dengan pentingnya gotong royong dan kebersamaan,” ujar Bapak Ernes.