Kopda Andri Kawal Pendistribusian Bibit Jagung Di Desa Babo

Bolmong179 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Kopda Andri Susanto melaksanakan pengawalan dan pendampingan pendistribusian benih jagung hibrida Bisi-228 bagi Kelompok Tani KWT (Mekar) di Desa Babo Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolmong, Kamis (23/05/2019).

Menurut Babinsa Kopda Andri Susanto, sejumlah 310 kilogram benih jagung hibrida Bisi-228 didistribusikan untuk Kelompok Tani KWT (Mekar) Desa Babo.

“Dari jumlah tersebut, Poktan KWT nantinya akan dibagikan kepada seluruh petani yang tergabung dalam Poktan KWT (Mekar) Desa Babo dimana setiap petani akan mendapatkan 25 Kilogram bibit jagung Bisi-228,” terang Babinsa

“Alokasi tersebut diperuntukan bagi lahan seluas 25 hektar, dan setiap hektar mendapatkan benih jagung sebanyak 5 kilogram,” imbuh Kopda Andri Susanto.

Pantauan di lapangan, pendistribusian benih bantuan Distan Kabupaten Bolmong tersebut dilakukan langsung secara langsung oleh Kadistan wilayah Sangtombolang Ibu Sriyani, dengan didampingi anggota PPL dan Babinsa serta diterimakan kepada Ketua Poktan KWT (Mekar) Ibu Istiana Paputungan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian wilayah Sangtombolang Ibu Sriyani mengatakan, agar para Poktan memanfaatkan secara maksimal bantuan benih dari Distan guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Namun, lanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang optimal, ketersediaan benih unggul saja tidak cukup melainkan harus didukung dengan pengolahan lahan yang tepat dan benar, sistem irigasi yang memadai dan perawatan serta pemupukan yang tepat jenis, dosis dan waktu.

Terpisah, Plh Danramil 1303-12/Sangtombolang Pelda Syahril G Subroto menuturkan, terjunnya Babinsa dalam pengawalan dan pendampingan pendistribusian benih jagung ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna membantu petani meningkatkan produktivitas pangan sehingga swasembada pangan dapat tercapai khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai (Pajale).