Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Babinsa Latihkan PBB Siswa SD Negeri 03

Kotamobagu493 views

KOTAMOBAGU – Dalam rangka membentuk sikap Kedisiplinan, Kekompakan, Loyalitas dan Kepedulian, serta rasa persatuan dan tanggung jawab sejak dini, maka Babinsa Koramil 1303-02/Passi Serda Irawan Mokobela memberikan Pelatihan Baris Berbaris yang bertempat di SD Negeri 3 Desa Bilalang Dua Kecamatan Kotamobagu Utara Kota Kotamobagu, Rabu (22/05/2019).

Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak – anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara.

Sebelum masuk dalam materi praktek PBB disampaikan secara singkat maksud dan tujuan serta pengertian PBB oleh Serda Irawan Mokobela. Pengertian PBB adalah Suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi.

Adapun maksud diberikannya materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa siswi SD Negeri 03 Desa Bilalang Dua adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela Negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan diantara teman.

Tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa. Dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Dengan dilatihkannya PBB kepada siswa-siswi diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya disekolah maupun dilingkungan tempat tinggal masing – masing. PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi,” ujar Serda Irawan saat dikonfirmasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *