oleh

Babinsa Kawal Pendistribusian Bibit Jagung Bisi-228 Di Desa Pinonobatuan

-Bolmong-324 views

B O L M O N G – Peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin nyata dalam mensukseskan kegiatan pertanian.

Seperti yang dilakukan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-07/Dumoga Serda Donal Alter Yura, turut mengawal Pendistribusian benih jagung yang ada di Desa Pinonobatuan Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolmong.

Adapun Pendistribusian benih Jagung Hibrida Bisi-228 menggunakan APBN pusat yang telah di pantau Babinsa Koramil 07 Dumoga yang secara langsung diberikan ke Petani sesuai laporannya.

Dapat diketahui, keseharian tugas Babinsa jajaran Kodim 1303/Bolmong memberikan motivasi serta semangat guna membantu petani dalam menyukseskan Ketahanan Pangan (Hanpangan) di Desa binannya masing masing khususnya yang berada didaerah teritorial Koramil 07 Dumoga.

“Penyaluran benih jagung Hibrida Varitas Bisi 228, merupakan bantuan dari pemerintah dan langsung didistribusikan kepada petani. Dan dalam pembagian ke petani, langsung di pantau dilapangan bersama Babinsa, PPL serta dinas terkait”, jelas Danramil 1303-07/Dumoga Lettu Inf Felix Rawung saat dikonformasi, Sabtu (15/06/2019).

“Hal ini sebagai upaya untuk memberikan kepastian dan meyakinkan kepada petani, bahwa bantuan benih jagung dapat meringankan beban petani. Harapan kita kedepan, supaya tidak ada oknum yang menyalahgunakan bantuan ini,” ujarnya.

Kegiatan pertanian yang sudah berjalan dari beberapa tahun, TNI bersama Pemerintah melakukan upaya, kesepakatan dalam penandatanganan perjanjian MOU untuk mewujudkan Swasemada Pangan dalam membantu petani.

Dengan menghindari lonjakan harga yang dapat melumpuhkan ekonomi masyarakat, sehingga TNI dan Pemerintah melakukan upaya terjun langsung dengan pengawasan serta pendampingan kepada Kelompok tani (Poktan) melalui Babinsa serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam melakukan penyuluhan, membantu pendistribusian bibit, pupuk dan pestisida.

“Kegiatan ini, memang merupakan suatu wujud peran serta Babinsa, PPL serta dinas terkait dalam bertugas. Hal tersebut, guna mendukung dan mensukseskan program Pemerintah membantu ekonomi masyarakat khususnya para petani”, ungkap Danramil.

Lanjut, Danramil menjelaskan, TNI selalu bersinergi dengan petani untuk mencapai swasembada pangan.

“TNI selalu mendorong petani untuk improvisasi dan berinovasi didalam mengikuti perkembangan teknologi pertanian dimasa kini. Hal ini, kiranya dapat memberikan manfaat yang positif bagi petani didalam mencapai kesejahteraan,” tutup Danramil Dumoga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.