Babinsa Turun Ke Sawah Bantu Petani Siapkan Lahan Pertanian

Bolsel150 views

B O L S E L – Babinsa selalu membantu dan mendampingi petani dalam setiap kegiatan pertanian di desa binaan. Hal tersebut secara intensif terus dilakukan untuk membantu para petani dan mendukung suksesnya program pemerintah tentang swasembada pangan Nasional.

Babinsa Desa Tolondadu Koramil 1303-08/Bolaang Uki Serda Arwin Pasungke dengan tidak ada rasa canggung membantu kelompok tani dalam mengolah lahan sawah dan menyiapkan bibit padi di areal persawahan milik Bapak Agus Pakaya warga di Desa Tolondadu Satu Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolsel, Rabu (10/07/2019).

Serda Arwin Pasungke mengatakan, Pengolahan lahan yang dilakukannya dengan membalik tanah dari lapisan bawah ke permukaan tanah dengan tujuan agar terjadi proses pertukaran aliran udara dan air dapat meresap masuk dan sinar matahari langsung masuk ke dalam tanah.

“Proses pengolahan lahan pada tanaman padi diawali dengan mengalirkan air sebagai sarana irigasi. Babinsa dan petani juga melakukan pemupukan dengan pupuk kandang agar tanaman padi nantinya tumbuh dengan subur,” ujarnya.

“Dalam penyiapan bibit padi yang siap tanam, dipilih bibit padi yang bagus dari varietas unggul. Selain itu, bibit padi yang dipilih harus tahan terhadap hama wereng dengan rentang waktu panen tidak terlalu lama,” tambahnya.

“Dengan persiapan yang matang diharapkan akan dapat meningkatkan hasil panen yang maksimal kelak di masa panen tiba,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *