Babinsa Bantu Bersihkan Saluran Irigasi, Diharapkan Dapat Mengatasi Kendala Petani

Bolmut182 views

B O L M U T – Bertempat di Desa Bohabak Dua Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolmut Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang Kopda Husni Sait melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan saluran irigasi persawahan bersama petani Desa setempat. Kegiatan yang melibatkan puluhan petani tersebut merupakan salah satu sinergitas antara Babinsa dan warga, Jumat (02/08/2019).

Menurut Babinsa Kopda Husni Sait kegiatan Karya Bakti pembersihan Saluran Irigasi bertujuan untuk membantu para Petani dan warga agar tidak terhambat oleh tumbuhan liar agar aliran air lancar ke sawah-sawah dan tidak menimbulkan Banjir yang akan merugikan warga dan Petani. Babinsa juga menghimbau kepada warga agar merawat saluran irigasi setelah dibersihkan oleh Babinsa dan warga, masyarakat juga harus menjaga kebersihan saluran Irigasi agar tetap terjaga dalam pemanfaatannya.

Lanjut Babinsa, “Karena irigasi merupakan faktor yang menentukan keberhasilan dibidang pertanian. Kami ajak petani untuk melaksanakan pembersihan secara bersama-sama selaku pengguna air, dengan karya bhakti pembersihan saluran irigasi aliran air akan lancar dari hulu hingga hilir dan didukung saling pengertian dalam pembagian air secara merata dalam pemanfaatannya, air merupakan faktor yang dominan diareal persawahan air merupakan kebutuhan pokok dalam pertanian walaupun tanaman padi merupakan tanaman basah yang hanya cukup air,” ujar Kopda Husni Sait

Menurut salah satu petani Bapak Abo’ Makalalag merasa senang dengan adanya pendampingan dari TNI AD dalam hal ini pak Babinsa dari Koramil 1303-14/Bolangitang, Dengan pemdampingan ini kami petani bisa menyampaikan apa yang menjadi kendala kami dilapangan yang bisa diselesaikan persoalan dan kami ucapkan terima kasih juga dalam pelaksanaan bersih bersih saluran air yang berada di Desa Bohabak Dua.