Babinsa Dampingi Petani Desa Pontak Panen Padi

Bolmut146 views

B O L M U T – Babinsa Koramil 1303-13/Kaidipang Kopda Rahmat Dotinggulo mendampingi sekaligus membantu petani panen padi yang berada di Desa Pontak Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmut, Senin (19/08/2019).

Babinsa Kopda Rahmat Dotinggulo mengatakan, pendampingan panen padi berlangsung di sawah seluas 2 hektar milik Bapak Nasruddin Mokodompis yang merupakan anggota Kelompok Tani Bersehati, yang ditanami jenis padi Lolombi.

Kopda Rahmat Dotinggulo menambahkan, panen padi di lokasi tersebut dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar. “Saat panen tersebut, para petani membawa alat pemotong padi tradisional yang langsung digunakan untuk memanen,” imbuhnya.

Lanjut Kopda Rahmat, perkiraan gabah yang dihasilkan dalam panen tersebut mencapai dua setengah ton yang diprediksikan dalam luas panen satu hektar milik Bapak Nasrudin.

“Sementara untuk harga gabah kering panen (GKP) saat ini pada kisaran Rp 4.600,- per kilogram, sedangkan harga gabah kering giling (GKP) mencapai Rp 4.800,- per kilogram, namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu,” bebernya.

“Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah, yang pelaksanaannya bersinergi dengan PPL/BPP UPT Dinas Pertanian Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” pungkas Kopda Rahmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *