Bantu Siapkan Benih Padi, Wujud Peran Babinsa Yang Selalu Bersinergi Bersama Petani

Bolsel240 views

B O L S E L – Babinsa Koramil 1303-06/Tolotoyon Serda Sangkala melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu anggota Kelompok Tani (Poktan) “Maskapai Satu” menyiapkan benih padi yang siap tanam di lahan milik Bapak Him Sibala warga Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolsel, Senin (19/08/2019).

Benih merupakan faktor penentu keberhasilan petani dalam bercocok tanam, karena mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan produksi padi saat panen. Setelah proses penyemaian, benih yang sudah cukup umur diseleksi lalu ditanam.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Serda Sangkala dalam bentuk mencabut bibit padi dari persemaian yang sudah siap tanam. Kegiatan ini dikerjakan setelah lahan siap dan umur bibit dirasa cukup. “Petani terbiasa mempersiapkan bibit padi beberapa saat sebelumnya, sehingga ketika pengerjaan lahan selesai, bisa langsung segera tanam,” ucap Babinsa Serda Sangkala.

Serda Sangkala menyampaikan bibit padi yang disemai adalah varietas Impari dengan Luas persemaian 50 m2, dan Luas lahan yang akan ditanami adalah seluas 1,5 hektar dengan menggunakan sistim tanam jajar legowo.

Dengan bersama-sama, Babinsa melaksanakan pendampingan terhadap petani. Hal ini merupakan wujud peran Babinsa yang selalu bersinergi dengan petani. Babinsa tidak hanya mendampingi namun sekaligus memberikan motivasi kepada para petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan sawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *