Babinsa Tetap Setia Dampingi Petani Tanam Padi

Bolmut161 views

B O L M U T – Matahari pagi belum beranjak tinggi. Pagi tadi di Desa Paku Selatan Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolmut, Serda Abdul Rahman sudah berada ditengah sawah milik Bapak Erik Ponamon. Dengan setia Babinsa ikut menanam padi bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Bersatu, Senin (16/09/2019).

Bukan hanya sekali itu Serda Abdul Rahman terjun ke sawah. Di lain kesempatan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga membantu petani lainnya menanam padi. Serda Abdul Rahman mengakui, dalam pendampingan petani untuk percepatan tanam selama ini belum ada kendala yang menonjol, sehingga pelaksanaan luas tambah tanam (LTT) selalu sesuai target permintaan.

“Kami membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi, dan sawah di bajak dan di lakukan penyiapan bibit padi,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Serda Rahman Kelompok Tani Bersatu mulai membajak sawah dan lahan mereka yang didukung dengan pengairan yang lancar. Untuk menggenjot produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar dapat diupayakan untuk memperluas lahan, sehingga dapat mencapai target produksi.

Plh Danramil 1303-14/Bolangitang Serka Iskandar Mardani mengatakan, petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo. Harapannya tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas tanaman.

Pada program ketahanan pangan ungkap Serka Iskandar, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.

“Tidak semua petani memahami dan setuju pola jajar legowo tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas pertanian,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *