Babinsa Bantu Petani Merawat Tanaman Tomat

Bolmong236 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Serda Beny Singkilaya membantu petani merawat tanaman serta memetik buah tomat yang terkena hama. Kebun tersebut milik Bapak Legiman dengan luas satu hektar yang berada di areal perkebunan Desa Ikhwan Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolmong, Rabu (02/10/2019).

Serda Beny Singkilaya mengatakan, perawatan sangat diperlukan untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur dengan membuahkan hasil yang besar dan banyak. Cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawat pada cabe yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu, pemberian anjir atau tali (penopang), pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari.

“Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang telah terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilih pestisida yang Organik”, ujar Serda Beny.

Bapak Legiman mengucapkan terima kasih atas keterlibatan langsung Babinsa dalam membantu merawat tanaman tomat mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan panen.

“Bahkan bapak Babinsa bukan hanya terjun langsung membantu petani di perkebunan, ia juga membantu di areal persawahan seperti padi, jagung dan kedelai (PAJALE) yang merupakan program swasembada ketahanan pangan Nasional,” ucap Bapak Legiman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *