Dibantu Babinsa, Petani Desa Lolanan Panen Padi

Bolmong88 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Sertu Sarman mendampingi petani panen padi yang bertempat di Desa Lolanan Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolmong, Rabu (16/10/2019).

Kegiatan panen padi yang berlangsung di lahan seluas satu hektar yang ditanami padi jenis Serayu, milik Bapak Hermanto dilakukan secara manual dengan bantuan tenaga buruh tani setempat dan kerabat.

Menurut Sertu Sarman, “Panen padi di lahan seluas satu hektar tersebut, diprediksikan mampu mencapai 3,5 ton dalam setiap hektar. Namun tentunya untuk hasil pastinya menunggu proses panen selesai,” ucapnya.

Sementara itu, pemilik lahan padi Bapak Hermanto merasa senang dengan kehadiran Babinsa di lokasi panen padi miliknya. Bapak Hermanto juga sangat bersyukur karena meski kemarau, lahan padi yang dikelolanya bisa dipanen dan hasilnya cukup baik.

Di tempat yang berbeda, Danramil 1303-12/Sangtombolang Lettu Inf Rolius Sagulani mengungkapkan, aktifitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah tanggung jawab teritorial mereka masing-masing

“Pendampingan yang dilakukan Babinsa tidak hanya saat panen saja, namun sudah berlangsung mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian, masa tanam, dan masa perawatan,” ungkap Danramil.

Danramil Sangtombolang berharap, Dengan kehadiran Babinsa di lapangan mampu memotivasi petani untuk lebih giat dalam meningkatkan produksi pertanian sehingga siklus pangan tetap terjaga, tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *