Beginilah Cara Babinsa Bantu Pemupukan Tanaman Jagung Milik Petani

Bolmong99 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Serka Nuryadin membantu petani Desa Maelang Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolmong memupuk tanaman jagung dengan varietas Bisi-18 dilahan seluas 1 hektar milik Bapak Isnan Paputungan, Senin (02/03/2020).

Dalam tahap pemupukan tanaman jagung ini Babinsa Serka Nuryadin bersama petani Desa Maelang menggunakan alat berupa tabung pipa PCV atau Alat Penabur Pupuk Jagung Tradisional agar memudahkan dalam tahap pengerjaannya.

Saat dikonfirmasi melalui via telepon Babinsa Serka Nuryadin menjelaskan, “Cara menggunakan alat tersebut, pupuk dimasukkan ke dalam tabung sebanyak 2 kg. Selanjutnya dihentakkan ke tanaman secara bergantian,” ujarnya.

Dijelaskannya, “Alat ini sangat membantu para petani dari proses pemupukan. Biasanya untuk pemupukan tanaman jagung dilahan seluas 1 Hektar diperlukan waktu 1 hari dengan tenaga 5 orang pekerja, itupun pinggang rasanya mau patah karena sering membungkuk. Namun setelah menggunakan alat ini proses pemupukan tanaman menjadi lebih cepat dan efesien yaitu 1/2 hari untuk 2 orang dapat mengerjakan dilahan 1 hektar. Selain itu juga lebih ringan dan hemat biaya,” ungkap Serka Nuryadin.

Lanjut Serka Nuryadin, “Bahan bahan yang dipergunakan untuk membuat alat pemupukan itu yakni, pipa PCV ukuran 2 inci, 3/4 inci dan ukuran 1/2 inci. Kemudian ditambah skrup, cincin pengunci dan sambungan pipa,” tutur Serka Nuryadin.