Terjalinnya Kemanunggalan TNI Di Desa Mataindo

Bolsel1,153 views

B O L S E L – Suasana penuh keakraban terlihat dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 107 di Desa Mataindo Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis (19/03/2020).

Masyarakat yang ada di Desa Mataindo dan anggota Satgas TMMD tidak sungkan untuk saling berdiskusi, melontarkan pendapat demi kebaikan, persahabatan sudah melekat antara mereka.

Keakraban itu juga terlihat saat masyarakat dengan anggota satgas TMMD, berbaur bersama-sama. Karena anggota satgas TMMD ini, memang ditempatkan di rumah warga atau menjadikan warga sebagai orang tua asuh.

Warga Mataindo senang bisa menampung anggota Satgas yang saat ini menjalankan program TMMD di Desa mereka. Karena rata-rata rumah warga ukurannya tidak terlalu besar dan sangat sederhana.

Hal ini diungkapkan oleh Salah seorang Satgas TMMD Ke 107 Kodim 1303/Bolmong, Kopda (MAR) M. Syafii Kusno, Bahwa inilah sebenarnya jati diri TNI, karena TNI memang berasal dari rakyat. Bersama masyarakat, akan terjalin hubungan kekeluargaan dengan masyarakat itu sendiri.

Dirinya berpesan kepada seluruh anggota Satgas untuk berbaur dengan masyarakat setiap hari dan pada setiap kegiatan. “Karena inilah bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tuturnya.

Senada dengan itu, Bapak Gazali Basir yang juga Kepala Dusun 3 Desa Mataindo sebagai orang tua angkat, salah seorang pemilik rumah di Desa Mataindo, mengungkapkan rasa senang dan syukurnya, karena rumah dan keluarganya bersama anggota Satgas seperti satu keluarga.

“Kami senang dan bersyukur, karena ada anggota TNI yang hadir bersama di rumah kami. Sehingga kami sama seperti keluarga. Ini kebanggaan besar bagi keluarga kami,” ucap Bapak Gasali.