Babinsa Bantu Petani Semprot Tanaman Jagung

Bolmong1,571 views

B O L M O N G – Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Sertu Jenzon Wowor melaksanakan pendampingan perawatan tanaman jagung di lahan milik Bapak Hengki Baweleng di Desa Bolangat Timur Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (16/10/2020).

Di lahan seluas satu hektar yang ditanami jenis jagung Bisi-18 yang berumur 22 hari dilaksanakan perawatan tanaman berupa pembersihan gulma menggunakan tangki semprotan (handsprayer) yang disisi jenis obat herbisida Calaris-550 SC.

Sertu Jenzon Wowor menuturkan, pendampingan yang dilakukannya terhadap petani merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan.

“Pembersihan gulma ini sangat penting dilakukan, karena keberadaan gulma dapat menghambat pertumbuhan tanaman utama, baik padi maupun jagung,” ucap Sertu Jenzon Wowor.

Lanjut Babinsa, “Dengan terbebasnya tanaman dari gulma maka tingkat penyerapan cahaya, air dan unsur hara akan lebih baik sehingga tanaman dapat tumbuh secara optimal,” ujarnya.

Untuk diketahui, penggunaan herbisida Calaris ini mampu mengendalikan gulma khususnya daun sempit dan daun lebar. Herbisida ini umumnya digunakan pada tanaman jagung berumur antara 10-21 hari. Penggunaan Calaris ini biasanya dengan dosis 60 cc dicampur dengan surfaktan 30 cc atau dosis berimbang kemudian disemprotkan merata di sekitar tanaman jagung.

Pada kesempatan berbeda, Plh Danramil 1303-12/Santombolang Serka Ismail Pobela mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa tidak hanya bagi petani padi namun termasuk petani jagung yang ada di wilayah binaan.

“Dengan hadirnya Babinsa di lapangan, tentunya akan menambah semangat para petani dalam melakukan proses produksi sehingga hasil panen meningkat yang dengan sendirinya percepatan pencapaian Ketahanan pangan di wilayah dapat terwujud,” tutur Serka Ismail.