Gunakan Pipa PVC, Babinsa Dampingi Petani Pupuk Tanaman Jagung

Bolsel554 views

B O L S E L – Babinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki Sertu Alan Mohune membantu petani Desa Tolondadu Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memupuk tanaman jagung dengan varietas Bisi-18 dilahan seluas 0,5 hektar milik Bapak Sain, Selasa (27/10/2020).

Dalam tahap pemupukan tanaman jagung ini Babinsa Sertu Alan Mohune bersama petani Desa Tolondadu menggunakan alat berupa tabung pipa PCV atau Alat Penabur Pupuk Jagung Tradisional agar memudahkan dalam tahap pengerjaannya.

Saat dikonfirmasi, Babinsa Sertu Alan Mohune menjelaskan, “Cara menggunakan alat tersebut yaitu pupuk dimasukkan ke dalam tabung sebanyak 2 kg. Selanjutnya dihentakkan ke tanaman secara bergantian,” ujarnya.

Dijelaskannya, “Alat ini sangat membantu para petani dari proses pemupukan. Biasanya untuk pemupukan tanaman jagung dilahan seluas 1 Hektar diperlukan waktu 1 hari dengan tenaga 5 orang pekerja, itupun pinggang rasanya mau patah karena sering membungkuk,” ucap Babinsa.

Namun setelah menggunakan alat ini proses pemupukan tanaman menjadi lebih cepat dan efesien yaitu 1/2 hari untuk 2 orang dapat mengerjakan dilahan 1 hektar. Selain itu juga lebih ringan dan hemat biaya.

Lanjutnya, “Bahan bahan yang dipergunakan untuk membuat alat pemupukan itu yakni, pipa PCV ukuran 2 inci, 3/4 inci dan ukuran 1/2 inci. Kemudian ditambah skrup, cincin pengunci dan sambungan pipa,” tutur Sertu Alan Mohune.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *