Pendam XVIII/Kasuari Ikuti Rakornispen TNI 2021 Secara Virtual

Nasional94 views

KILASMANOKWARI – Sepanjang Tahun Anggaran 2020, jajaran Penerangan TNI telah mampu menunjukan capaian kinerja yang melebihi panggilan tugas dalam mendukung tugas pokok TNI.

Program dan kegiatan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dilaksanakan oleh TNI mampu dipublikasikan oleh jajaran Penerangan TNI secara masif dan efektif.

Demikian diungkapkan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. saat membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Penerangan (Rakornispen) TNI tahun 2021, Selasa (9/3/2021) di Balai Wartawan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Rapat Koordinasi Teknis Penerangan (Rakornispen) TNI tahun 2021, Selasa (9/3/2021) di Balai Wartawan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Rakornispen TNI tahun 2021 yang bertema ‘Penerangan TNI yang Inovatif dan Komunikatif Siap Bekerja Sama Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional’.

Kegiatan diikuti 25 orang secara langsung di Mabes TNI yang terdiri dari Kadispen Angkatan (AD, AL, AU) beserta para staf dan pejabat dari Puspen TNI, serta 60 orang peserta yang mengikutinya secara virtual, yakni para unsur pimpinan satuan jajaran Penerangan TNI di seluruh Indonesia, termasuk diantaranya Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVIII/Kasuari Letkol Inf Drs. N. Ertoto, M.Si.

Dalam amanatnya, Kasum TNI juga mengingatkan kepada peserta Rakornispen agar selalu mempedomani kebijakan Panglima TNI guna menghadapi tugas-tugas satuan Penerangan TNI ke depan, antara lain menjaga soliditas TNI-Polri, menerapkan strategi percepatan penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjut dikatakan, berbagai kegiatan operasi yang telah dicapai dan perlu diketahui publik, seperti operasi dan latihan TNI di dalam maupun luar negeri, operasi perbantuan TNI dalam pengamanan tahapan Pilkada serentak 2020, berbagai operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, operasi pencarian dan pertolongan korban kecelakaan pesawat, kapal dan bencana alam, serta peran TNI dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, telah mampu dipublikasikan dengan baik oleh seluruh jajaran Penerangan TNI.

“Dengan publikasi yang dilakukan oleh Penerangan TNI secara masif, berdampak signifikan membentuk opini positif TNI di mata masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa pada lima tahun terakhir, berdasarkan dari beberapa lembaga survei telah menempatkan TNI sebagai institusi yang paling dipercaya masyarakat,” ujar Kasum TNI.

Saat memberikan materi pembekalan, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Achmad Riad, S.IP. menyampaikan pesan kepada seluruh Prajurit Penerangan TNI dalam kapasitasnya selaku ujung tombak dalam mempublikasikan institusi TNI.

“Kuasai teknologi informasi, banjiri media dengan kinerja TNI, tampilkan terus, upload terus, bangun citra dan opini positif TNI. Hindari juga pembohongan publik serta jalin hubungan baik dengan media massa, dan saya yakin di masing-masing wilayah sudah melakukannya,” pesannya.

“Tingkatkan kepercayaan publik agar TNI dicintai rakyat. Mari kita jaga bersama, terkait dengan apa yang kita sudah capai saat ini, yaitu kita menjadi lembaga yang dipercaya oleh publik. Tentunya ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam menyampaikan berbagai hal, terkait dengan kinerja maupun pencapaian yang sudah didapatkan oleh TNI,” sambung Kapuspen TNI.

Dalam Rakornispen TNI tahun ini, juga diisi dengan pemberian materi oleh Tenaga Ahli Kemhan Bidang Siber, Gildas Deograt. L. berjudul ‘Posisi dan strategi TNI dalam perang informasi’ dan Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Prof. Dr. Widodo. M. tentang ‘Memperkuat jaringan sinergitas jajaran Penerangan TNI-Kominfo dalam memerangi hoax dan memenangkan perang informasi’.