oleh

Bantu Cabut Tanaman Pengganggu, Petani Senang Akan Kehadiran Babinsa

-Bolmong-82 views

B O L M O N G – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang Serda Abdul Rajak melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap petani dengan membantu Bapak Hendy membersihkan rumput di sela sela tanaman padi di sawah seluas 0,5 hektar.

Pendampingan yang diberikan oleh Babinsa Serda Rajak berlokasi di Desa Domisil Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (14/04/2021).

Saat dikonfirmasi, Serda Abdul Rajak menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Babinsa sebagai upaya khusus sebagai tindakan penyelamatan tanaman padi dari kerusakan yang disebabkan oleh gangguan gulma, disamping itu pembersihan gulma terus dilakukan Babinsa bersama petani hingga usia tanaman padi mencapai 30 hari, dengan harapan agar tanaman padi tumbuh dengan sehat.

“Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau diantara tanaman padi. Keberadaan gulma ini menjadi pengganggu tanaman padi, jika ini kita biarkan maka tanaman padi menjadi rusak sehingga pertumbuhannya tidak optimal. Kegiatan ini rutin dilaksanakan Babinsa di wilayah binaan untuk membantu mengatasi kesulitan warga,” ucap Babinsa.

Sementara itu, Bapak Hendi mengatakan, “Petani biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangan dan penyiangan serta pembersihan gulma ini, namun dengan kehadiran Babinsa yang bekerja dengan ikhlas dan suka rela membuat para petani senang, meski ditengah-tengah cuaca yang cukup panas semangat Babinsa tetap stabil dalam keikutsertaannya membantu kesulitan para petani,” tuturnya.