Cegah Serangan Hama, Serda Iwan Bersama Petani Laksanakan Penyemprotan Tanaman Padi

Kotamobagu127 views

KOTAMOBAGU – Cegah serangan hama pada tanaman padi, Serda Iwan Triyaddin yang merupakan Babinsa Koramil 1303-01/Kotamobagu melaksanakan pendampingan kepada petani dengan membantu penyemprotan hama padi dilahan seluas 1 hektar di Kelurahan Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu, Senin (26/04/2021).

Penyemprotan pada tanaman padi merupakan kegiatan dalam perawatan yang wajib dilakukan dengan tujuan untuk memberikan asupan unsur hara mikro dan untuk mengendalikan hama dan penyakit, diantaranya mengantisipasi hama ulat penggulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang tanaman dan menghilangkan rumput liar yang biasa tumbuh di sekitar tanaman padi.

Serda Iwan Triyaddin mengatakan, kami mengajak para petani untuk selalu melakukan perawatan dengan penyemprotan secara serentak dan bersama-sama yang bertujuan agar hama-hama tersebut akan hilang dan tidak berpindah ke sawah lainnya.

“Kami membantu para petani, dalam hal ini di wilayah binaan dengan menyemprot hama sebagai upaya mengendalikan serangan hama serta antisipasi dalam pencegahan gagal panennya para petani yang di akibatkan oleh hama,” terangnya.

Sementara itu, Bapak Aryo Makalalag pemilik lahan mengatakan, bahwa mereka selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan petugas PPL, bila ada tanaman padi yang kurang baik pertumbuhannya, sehingga petunjuk dan arahan dari Babinsa dan petugas PPL untuk segera dilakukan penyemprotan atau pemupukan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang selalu aktif dan turun langsung ke lapangan membantu dan memberi arahan kepada para petani, sehingga para petani termotivasi untuk meningkatkan hasil pertanian pada tanaman padi,” tuturnya.