Gunakan Caping, Serka Ronald Bersama Petani Menabur Pupuk Di Sawah

Berita, Bolmong138 views

B O L M O N G – Sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil pertanian, Anggota Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serka Ronald Malendes membantu petani menabur pupuk di sawah milik Bapak Frans Tambayong dengan luas lahan lebih kurang 0,5 Hektar di Desa Tungoi Satu Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (07/05/2021).

Menyadari akan tugas pokoknya sebagai Babinsa, Serka Ronald selalu hadir dan peduli dengan situasi maupun kondisi kesulitan warga binaannya. Layaknya hari ini, la membantu petani memupuk padi sembari memupuk silaturrahmi.

Pantauan di lokasi, terlihat Serka Ronald bersama petani berada di tengah sawah. Sambil berinteraksi mereka menaburkan pupuk jenis Fonska dan Urea dengan maksud agar padi tumbuh sumbur.

Menurut Serka Ronald, kegiatan ini sengaja la lakukan agar petani semakin termotivasi untuk terus meningkatkan produktivitas tanaman padinya dengan memperhatikan dan memberikan perawatan secara intensif.

“Pemupukan padi ini memang harus dan wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik hingga tiba masa panen. Jika tidak diberi pupuk, dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman kurang subur, pendek dari ukuran normalnya bahkan daunnya menguning,” ujar Serka Ronald.

Dengan perawatan tanaman padi yang benar, baik itu pemupukan, pengairan, penyiangan maupun penyemprotan terhadap hama, tentunya bisa meningkatkan kesuburan pada tanaman padi. Harapannya, saat panen tiba bisa menghasilkan gabah yang melimpah dan berkualitas.