Kodim 1303/Bolmong Gelar Pelatihan Navigasi Offline

Kotamobagu82 views

KOTAMOBAGU – Navigasi darat adalah penentuan posisi dan arah perjalanan, baik di peta maupun Medan sebenarnya. Sebagai orang yang dekat dengan alam, pengetahuan peta dan kompas serta cara penggunaannya mutlak harus dimiliki.

Untuk itu, Sebanyak 45 personel TNI Kodim 1303/Bolaang Mongondow melaksanakan latihan navigasi darat secara virtual dengan menggunakan aplikasi Alpine Quest Off-Road yang bertempat di Aula Totabuan, Senin (28/06/2021).

Dalam sambutannya, Letkol Ctp Yudhi Prasetyo S.Si mengatakan, Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini agar personel Kodim 1303/Bolmong bisa memahami dasar dasar Maps offline di android dan terciptanya keamanan serta kelancaran pada saat personel melaksanakan tugas ataupun anjangsana ke tempat yang belum mempunyai jaringan internet dan daerah yang belum pernah didatangi.

“Aplikasi ini telah digunakan oleh satuan elite TNI seperti Kopassus dan Kostrad serta Materi pembelajaran kali ini adalah cara mengubah koordinat geografi ke koordinat UTM, menggunakan kamera foto geotaging, menggunakan kompas di Handphone, share lokasi dan menghitung luasan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1303/Bolmong Mayor Arh Achmad Janis mengatakan, selain melatih keterampilan navigasi darat secara offline, diharapkan personel mengetahui dan melihat potensi yang ada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Raya dan mampu membaca peta dengan baik.

“Diharapkan personel Kodim 1303/Bolmong mampu meningkatkan keterampilan melakukan penguasaan kawasan dan membaca peta offline di android,” tutur Kasdim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *