Serda Laode Bantu Petani Binaannya Merontokkan Jagung

Bolmong178 views

B O L M O N G – Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Untuk itu, Serda Laode Edi anggota Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga membantu petani merontokkan jagung dengan menggunakan mesin perontok milik Ibu Meisi di Desa Dumoga Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (11/06/2021).

Setelah panen jagung, Serda Laode Edi membantu merontokkan hasil panen jagung milik Ibu Meisi dengan menggunakan mesin perontok. Dalam penggunaan mesin ini, sangat memudahkan para petani dalam memproses jagung karena terbantu dari segi waktu dan biaya, dari pada dengan cara manual tentu prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga para petani akan lebih cepat memasarkan hasil panen ke toko-toko yang biasaya digunakan untuk pakan ternak seperti ayam dan bebek.

Serda Laode Edi di sela-sela waktunya menyampaikan mesin perontok ini sangat membantu para petani jagung. “Jika sebelumnya sehari hanya mampu mengerjakan kurang lebih 50 Kg jagung, tapi setelah menggunakan alat ini, bisa mengupas dan memipil jagung sebanyak 150 kg per hari,” ucapnya.

Sementara itu, Ibu Meisi menyampaikan terima kasih kepada Serda Laode Edi selaku Babinsa yang selalu aktif dalam mendampingi petani dalam hal pertanian jagung yang dimulai dari pengolahan lahan sampai dengan panen. ‘’Dan bisa kita lihat sampai dalam perontokan jagung pun babinsa selalu hadir di tengah tengah kami,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Danramil 1303-07/Dumoga Kapten Inf Asrak Badarun menambahkan melalui metode pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa jajaran Koramil 07/Dumoga diharapkan para petani dapat termotivasi dan bersemangat dalam bertani, sehingga berdampak pada meningkatnya Ketahanan pangan pemerintah serta meningkatnya penghasilan ekonomi para petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *