Itdam XIII/Merdeka Gelar Pre Dan Current Audit Di Makodim Bolmong

Kotamobagu82 views

KOTAMOBAGU – Dalam mewujudkan tertib administrasi di jajaran TNI Angkatan Darat, Tim Pengawas dan Pemeriksa atau Wasrik dari Inspektorat Kodam (Itdam) XIII/Merdeka mengunjungi Makodim 1303/Bolaang Mongondow.

Kunjungan ini merupakan bentuk upaya perbaikan kinerja satuan di jajaran Kodam XIII/Merdeka yang bertempat di Ruang Data Makodim setempat, Rabu (21/07/2021).

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung SIP mengatakan, Selamat datang tim Wasrik di Kodim 1303/Bolaang Mongondow. Kami mengharapkan Tim Wasrik dari Itdam XIII/Merdeka apa bila ada kekurangan agar kami diingatkan dan diarahkan untuk dilaksanakan perbaikan.

“Untuk anggota Kodim 1303/Bolmong yang diperiksa agar mengikuti petunjuk dari tim Wasrik apabila ada produk yang dikoreksi agar segera diperbaiki dan apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan produk silakan bertanya agar lebih jelas untuk kedepannya biar temuan wasrik tidak terulang,” ujar Dandim.

Sementara itu, Kolonel Dr Herman K. Watulangkow SIP Msi menyampaikan, Kegiatan pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dilaksanakan sejak perencanaan, saat berlangsungnya kegiatan dan setelah kegiatan tersebut selesai sebagai sarana pengendalian pimpinan dalam suatu organisasi.

“Implementasinya di lingkungan Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan oleh Itdam XIII/Merdeka sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) sesuai dengan tugas pokoknya yaitu membantu Pangdam XIII/Merdeka dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja,” ucapnya.

Tujuan pengawasan adalah untuk mewujudkan ketaatan dan ketertiban terhadap undang undang yang berlaku, tercapainya efektifitas, efesiensi dan ekonomis serta pencegahan dini terhadap kesalahan, ketidaksesuaian dan penyelewengan dalam pelaksanaan program di lingkungan TNI-AD dalam rangka mewujudkan “Good Government dan Clean Government”.

“Untuk itu, apabila dalam pelaksanaan pengawasan Pre dan Current Audit ini masih ditemukan hal hal yang belum sesuai dengan aturan atau ketentuan yang berlaku, saya minta kepada entitas/auditi untuk segera melaksanakan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan oleh para auditor,” tutur Kolonel Herman.

Untuk diketahui, Bahwa bulan Februari tahun 2021 BPK-RI telah mengeluarkan penilaian terhadap laporan Keuangan Kemhan tahun anggaran 2020 dan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dan Kodam XIII/Merdeka telah memberikan kontribusi terhadap penilaian dan pemeriksaan BPK tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *