Kodam XVIII/Kasuari Perluas Wilayah Serbuan Vaksinasi di Papua Barat

Berita29 views

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Kodam XVIII/Kasuari terus memperluas wilayah serbuan vaksinasi untuk menjangkau seluruh masyarakat di Papua Barat. Sabtu (17/07/2021) melalui Kesetan Kodam (Kesdam) vaksinasi dilakukan di Balai Kampung Aimasi, SP3, Manokwari, Papua Barat.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) didampingi beberapa pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari sekaligus mengikuti video conference (vicon) bersama Panglima TNI. Selain di Manokwari kegiatan vaksin dan vicon juga dilaksanakan di sejumlah wilayah Papua Barat yaitu Sorong, Fak-fak dan Bintuni.

Disela kegiatan, Pangdam menjelaskan kepada masyarakat bahwa Papua Barat saat ini melaksanakan PPKM darurat di dua wilayah yakni Manokwari dan Sorong sedangkan wilayah yang lain mendapatkan status PPKM diperketat yaitu di Fakfak, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni mulai 9 Juli lalu.

“Kita harus segera bangkit bersama-sama sesuai peran masing-masing agar keluar dari wabah Covid-19 ini. Langkah strategi yang kita harus lakukan yaitu selamatkan diri kita, keluarga dan orang-orang yang kita cintai dan memutus penularan virusCovid-19,” ungkapnya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk tidak lengah, untuk terus melaksanakan hidup bersih dengan mentaati protokol kesehatan dan melakukan vaksin untuk menguatkan imun.

“Aturan-aturan PPKM jangan dijadikan momok, yang paling penting di sini nilai-nilai kemanusiaan bagaimana kita harus menyelamatkan orang lain. Jangan sampai karena satu orang terinfeksi Covid-19 maka orang lain jadi tidak selamat, untuk itu dilaksanakanlah PPKM darurat ini,” tuturnya.

Ia menghimbau agar jangan berhitung untung dan rugi, namun berhitung tentang kemanusiaan untuk segera keluar dari wabah Covid-19. Selain itu untuk memutus mata rantai virus sehingga ke depan bisa berlebaran

“Terima kasih atas kehadirannya saya titip tolong jaga kesehatan, kami dari Kodam XVIII/Kasuari bersama Polda Papua Barat dan Pemerintah Daerah disini dan siap mendukung Pemerintah Daerah disini karena TNI lahir dari rakyat dan bekerja untuk rakyat,” kata Pangdam.

Pada kesempatan yang sama, Jimmy Rivay Otsinar, Kepala Kampung Aimasi SP3, mengatakan masyarakat sangat antusias ikut andil dalam pelaksanaan serbuan vaksin Kodam XVIII/Kasuari karena sampai dengan pukul 12 siang ratusan masyarakat masih menunggu giliran untuk di vaksin.

“Vaksinasi ini sangat penting dilaksanakan dan saat ini masyarakat sudah memiliki kesadaran bahwa melalui vaksin itu untuk meningkatkan imun tubuh, oleh karena itu saya berterima kasih kepada Kodam XVIII/Kasuari karena sudah melaksanakan serbuan vaksinasi di tempat kami ini,” ujarnya.

Kapten Ckm Ali Mustain Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Kesdam masyarakt yang mengikuti vaksin di SP3 mencapai 550 orang, Sorong sebanyak 210 orang dan Fak-fak sebanyak 92 orang. Selanjutnya, setelah pelaksanaan di SP3, Minggu (18/07/2021) Kodam XVIII/Kasuari akan kembali melaksanakan serbuan vaksin di terminal Pasar Wosi.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *