Pangdam XVIII/Kasuari Pimpin Apel Bintara Otsus

Berita10 views

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Hari ini telah lahir prajurit-prajurit Bintara TNI Angkatan Darat yang akan mengawaki TNI Angkatan Darat. Atas nama pribadi dan Komando saya merasa bangga dan selamat atas pencapaian ini.

Hal tersebut dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., saat memimpin apel keberangkatan cuti Bintara PK Otonomi Khusus (Otsus) Kodam XVIII/Kasuari, di lapangan upacara Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (23/10/2021).

Bintara Otsus merupakan program TNI AD dan Pemerintah Papua Barat dalam menyediakan personel Bintara TNI AD bagi Orang Asli Papua (OAP) tahun 2020 lalu.

Sebanyak 1.000 putra dan putri terbaik Papua tersebut telah menjalani pendidikan baik pendidikan dasar maupun kecabangan sehingga mereka siap untuk berdinas di satuan masing-masing.

Dihadapan para Bintara Otsus, Pangdam berpesan agar tidak menyia-nyiakan kesempatan menjadi seorang Bintara TNI AD karena menurutnya mereka adalah pemuda-pemuda terpilih dari seluruh tanah Papua Barat.

“Sekali lagi kepercayaan pimpinan ini jangan kamu sia-siakan, kami semuanya bangga dengan kalian karena telah membuktikan bisa hingga dapat menyelesaikan pendidikan,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa seorang Bintara memiliki junior Tamtama dan mempunyai atasan Perwira sehingga harus bisa menempatkan diri dengan membantu atasan, membina dan memimpin anak buah.

“Kalian sudah buktikan, kalian tidak usah ragu untuk memimpin pasukan di lapangan karena ilmu yang diberikan di Rindam sudah cukup, tinggal kamu kembangkan lagi di lapangan. Kalian harus optimis bahwa kalian pasti bisa,” tegasnya.

Pangdam juga mengajak untuk terus bersyukur dimanapun ditugaskan karena penempatan jabatan adalah amanah dari Tuhan dengan memberikan pembelajaran, pengalaman agar tahu bagaimana bertugas di luar wilayah kita.

“Tentara Nasional Indonesia adalah miniatur Indonesia di sana ada orang dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Ambon NTT, Kupang dan Papua semuanya ada, namun kita tetap Indonesia,” tambahnya.

Pangdam juga mengatakan bahwa rencananya ke depan akan ada juga Tamtama Otsus, hal tersebut sudah dibicarakan dengan Kasad dan Gubernur Papua Barat.

“Itu semua berkat kalian, karena kalian bisa menunjukkan bahwa kalian mampu dan pimpinan Angkatan Darat percaya dengan kalian, kita sedang desain untuk kedepannya tentang Tamtama Otsus.”

“Jangan sampai melakukan pelanggaran, jangan mengecewakan orang-orang yang mencintai kalian, orang tuamu, saudaramu dan mungkin orang-orang yang kamu cintai”.

“Sekarang terpenting saat ketemu dengan orang tuamu, kamu sujud, ucapkan terimakasih karena telah melahirkan dan membesarkanmu dan kamu bisa menjadi Tentara,” pesan Pangdam.

Di akhir, Pangdam berpesan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini para Prajurit untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko dan para pejabat di jajaran Kodam XVIII/Kasuari lainnya.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *