Bantu Panen Cabai Keriting, Babinsa Juga Berikan Motivasi Kepada Petani

Boltim38 views

B O L T I M – Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-03/Modayag Sertu Agus Sayono melaksanakan kegiatan pendampingan kepada petani dengan sasaran membantu panen Cabai Keriting di Desa Inaton Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Senin (01/11/2021).

Pada saat melaksanakan pendampingan tersebut, Babinsa juga menyempatkan diri berdiskusi dengan pemilik lahan cabai Ibu Fina Mamonto tentang cara mengatasi hama pada tanaman cabai yang sangat merugikan petani.

Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan perawatan yang istimewa. Penyakit dan hama yang bertautan pada tanaman cabai ini mengharuskan petani untuk selalu merawat dengan ekstra.

Sertu Agus Sayono mengatakan, Pencegahan dan pengamatan harus selalu dilakukan, karena jika sampai terlambat serangan penyakit dan hama akan sulit untuk dikendalikan, maka dari itu kita harus melakukan penanganan sejak dini.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sehingga mulai dari penyemaian, persiapan tempat, penanaman, perawatan hingga usia panen petani harus benar-benar mengetahui ilmu tentang tanaman ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Babinsa menjelaskan kegiatan komsos serta pendampingan ini, selain untuk berdiskusi serta memberikan saran yang sifatnya membangun. Kita juga memberikan motivasi agar di tengah pandemi Covid-19 ini warga di Desa binaan terus semangat dalam mengembangkan usahanya.

“Dengan Kegiatan pendampingan ini saya berharap agar warga masyarakat binaan menjadi semakin bersemangat dalam mengembangkan usahanya, yang mana apabila usaha ini berkembang maka dapat meningkatkan penghasilan masyarakat terutama pada masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini,” tutur Babinsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *