Bantu Petani Desa Inaton, Babinsa Cekatan Gunakan Hand Traktor

Boltim16 views

B O L T I M – Membajak sawah merupakan langkah awal para petani untuk menyiapkan lahan pertanian yang akan ditanami padi.

Seperti hari ini, Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-03/Modayag Serda Agus Sayono yang dengan cekatan turun ke sawah guna membantu petani membajak lahan pertaniannya, Senin (22/11/2021).

Lahan pertanian tersebut milik Sarman (51) yang berada di Desa Inaton Kecamatan Modayag Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Serda Agus Sayono mengatakan, Kegiatan ini bertujuan mendukung program ketahanan pangan pada percepatan masa tanam selanjutnya.

“Selain memberikan pendampingan, Babinsa dituntut harus turun langsung membantu petani mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen,” ujarnya.

Menurut Babinsa, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukan menjemur padi atau gabah hasil panen sebelumnya.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa selain mendampingi para petani supaya kehidupannya lebih sejahtera juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara Nasional,” pungkasnya.