Kasad TNI Dudung Abdurachman Panen Sayur dan Buah di Kasuari Green Kodam Kasuari

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa meninjau Kebun Kasuari Green yang berada di dalam komplek Markas Kodam Kasuari , Arfai, Manokwari, Papua Barat, Kamis (24/11/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan disela-sela kunjungan Kasad bersama Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman ke Wilayah Timur Indonesia termasuk Kodam Kasuari untuk bertemu dan memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan (Dansat).

Selain meninjau Kasuari Green, Kasad juga berkesempatan untuk memanen buah semangka dan sayuran kol serta menanam pohon durian. Selain memanen hasil kebun, Kasad juga mencicipi langsung buah semangka yang dipanenya bersama Para Prajurit dan Persit Kodam Kasuari.

Kasad bersama rombongan menuju kebun menumpang mobil yang dikendarai Pangdam. Saat mencicipi buah semangka yang dipanennya, Kasad mengatakan semangka tersebut lezat, manisa dan kandungan airnya tidak terlalu banyak.

‘’Semangkanya manis sekali, tidak terlalu banyak air jadi rasanya renyah“ujar Kasad sambil menikmati buah semangka.

Kasad menilai keberadaan Kasuari Green yang ada di Kodam Kasuari merupakan suatu hal yang sangat positif dan luar biasa karena selain melestarikan lingkungan juga dapat memenuhi kebutuhan pangan di lingkungan Kodam Kasuari dan sekitarnya.

‘’Kebun Kasuari Green ini menurut saya inisiatif yang luar biasa, artinya dari situasi kondisi yang sangat terbatas seperti di Papua dan sangat sulit seperti masa pendemi Corvid-19. Tetapi Kodam Kasuarii masih bisa bercocok tanam,” ujar Kasad.

Kasad juga menambahkan hal tersebut sesuai dengan arahannya kepada Prajurit dimana Ia selalu mengatakan bahwa dimanapun berada terus semangat walaupun dalam kondisi yang terbatas, dan Kasuari Green ini meruapakan salah satu langkahnya.

”Saya selalu katakan bahwa sekecil apapun kesulitan-kesulitan tapi jika didasari dengan semangat dan rasa ingin maju maka itu tidakakan hilang,’’ sambungnya.

Sebagai informasi, Kebun Kasuari Green ini merupakan inisiasi Pangdam Kasuari Mayjen TNI Nyoman Cantiasa dalam meyukseskan program ketahanan pangan dimana Kodam Kasuari harus dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri salah satunya dengan membangun kebun yang hasilnya dapat dinikmati Prajurit Kodam Kasuari.

Selain mencicipi hasil panen dan menanam pohon, Kasad juga ramah tamah dengan Prajurit Kodam Kasuari dan memberikan pakan ikan lele di kolam ikan yang masih di area Green Kasuari hasil budidaya ikan Kodam Kasuari.

(Pendam XVIII/Kasuari)