Serda Donal Bantu Petani Desa Pinonobatuan Jemur Padi

Bolmong8 views

B O L M O N G — Bintara Pembina Desa atau Babinsa intens melaksanakan pendampingan kepada para petani padi yang berada dalam wilayah desa binaannya.

Hari ini, Babinsa Serda Donal A. Yura yang kesehariannya berdinas di Koramil 1303-07/Dumoga melakukan pendampingan dengan membantu petani menjemur padi, Rabu (05/01/2022).

Hasil panen padi tersebut merupakan milik Ibu Ana Oroh salah seorang warga Desa Pinonobatuan Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow.

Pasca panen padi di wilayah Kecamatan Dumoga Timur para petani disibukkan dengan tahapan penjemuran padi, penjemuran padi dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kualitas padi agar tetap baik dan tidak membusuk bila disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Serda Donal dalam melaksanakan pendampingannya dengan membantu petani dalam proses menjemur padi supaya mendapatkan tingkat kekeringan yang baik untuk disimpan maupun digiling.

“Pendampingan kepada petani kita lakukan tidak hanya pada proses penanaman saja melainkan sampe akhir yaitu tahap penjemuran padi, kita tetap melakukan pendampingan,” ujar Babinsa.

Serda Donal menambahkan, Dalam penjemuran padi para petani biasanya melakukan di lapangan terbuka yang terkena langsung sinar matahari atau pun tempat khusus yang disediakan oleh tempat penggilingan padi yang ada di wilayah Desa Pinonobatuan.

“Mengingat di Desa Pinonobatuan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, sebagai Babinsa kita selalu turun ke lapangan untuk membantu dan memotivasi petani agar semangat dalam bekerja,” tutur Babinsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *