oleh

Polimdo Jurusan Teknik Sipil Gelar Project Based Learning di Desa Pandu

-Manado-16 views

Kilassut.com, MANADO – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali menggelar Project Based Learning (PBL) yang dilakukan Mahasiswa D3 Teknik Sipil Polimdo. Kegiatan itu linear dengan kuliah tentang struktur Beton di Proyek TPA Sampah Regional Mamitarang, Desa Pandu, Kecamatan Wori.

Dalam kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Dosen yang bermata kuliah Struktur Beton, Dr Steve Supit. Koordinator Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Tony Alalinti menyebutkan beberapa tujuan PBL.

Kegiatan studi lapangan seperti ini akan mengedukasi dan mendorong mahasiswa D3 Teknik Sipil Polimdo untuk terus belajar dan bertindak sesuai aksi dengan pengetahuan yang didapatkan. Apalagi, berkaitan dengan metode pelaksanaan proyek pekerjaan struktur beton,” tuturnya, Kamis (25/2/2022).

Selain itu, PBL ini akan memberikan pengenalan tentang jenis-jenis material yang biasa digunakan dalam campuran beton. Kemudian memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memiliki kemampuan menganalisa dan mencari solusi yang berkaitan dengan kendala pelaksanaan pekerjaan beton di lapangan,” jelas Tony.

Tak sampai situ, mahasiswa ikut dilatih dalam menyusun suatu laporan hasil studi lapangan dan mempresentasikannya.

Kemudnian meningkatkan kerja sama dalam kegiatan belajar mengajar yang melibatkan pihak industri untuk mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Menurutnya, mahasiswa akan mendapatkan Outcome dari kegiatan tersebut.

“Mahasiswa akan mampu mengidentifikasi jenis material dan memahami pekerjaan beton di lapangan, mahasiswa juga mampu menjadi problem solver dalam menjawab kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pekerjaan beton, dan mampu mengenal dan mengaplikasikan metode pelaksanaan pekerjaan beton,” jelas Tony lagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri pula Mahasiswa D3 Teknik Sipil Semester IV, Ketua Program Studi (Prodi) Dr.

Febrianne Makalew, Staf Teknik Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Yobelino Legi dan pihak kontraktor dari PT Waskita, Griffith Goni.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.