Tim Pengawas Post Audit Itdam XIII/Merdeka Sambangi Kodim Bolmong

Kotamobagu6 views

KOTAMOBAGU — Kodim 1303/Bolaang Mongondow berkesempatan menerima kunjungan kerja dari tim post audit itdam Kodam XIII/Merdeka, Senin (07/03/2022).

Terkait tugas pokok dan fungsinya dalam pengawasan dan pemeriksaan di semua bidang, Kedatangan Tim Audit Kodam XIII/Merdeka di Makodim 1303/Bolmong disambut langsung oleh Dandim Letkol Inf Raja Gunung Nasution SIP yang didampingi oleh seluruh Perwira Staf Kodim 1303/Bolmong.

Adapun Ketua Tim Wasrik Post Audit dari Kodam XIII/Merdeka yaitu Brigjen TNI Denny R.I Masengi selaku penanggung jawab bersama dengan beberapa anggota tim yang menyambangi Makodim 1303/Bolmong.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution SIP memberikan sambutan dan mengucapkan selamat datang kepada Kolonel Arm Nicolas Karel Polla selaku pengendali beserta seluruh rombongan Tim Post Audit Itdam XIII/Merdeka yang berkenan hadir di Makodim Bolmong.

“Kegiatan pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang harus dilaksanakan yang dimulai dari tahap perencanaan, saat berlangsungnya kegiatan tersebut selesai sebagai sarana pengendali pimpinan dalam suatu organisasi,” ucap Dandim Bolmong.

Secara umum sasaran audit adalah terwujudnya kegiatan audit melalui layanan konsultasi dan pemberian jaminan (Assurance activities) dengan metode Post Audit untuk memberikan nilai tambah, perbaikan resiko, pengendalian dan proses tata kelola organisasi serta pencegahan dini terjadinya kesalahan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran (RKA) guna tercapainya tugas TNI AD yang salah satunya dilaksanakan dengan metode audit.

Sebelum Mengakhiri sambutannya, Dandim Bolmong menegaskan kepada seluruh Staf untuk mengkonsultasikan berbagai permasalahan yang terkait dengan pelaksanaan program kerja dan anggaran. “Untuk itu, apabila dalam pelaksanaan Pengawasan post audit ini masih ditemukan hal hal yang belum sesuai dengan aturan yang berlaku, saya minta kepada auditi untuk segera melaksanakan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan oleh para auditor,” ujar Dandim Bolmong.

Dalam kesempatan yang sama, Kolonel Arm Nicolas Karel Polla menyampaikan sambutannya antara lain, Kegiatan Post Audit merupakan salah satu bentuk fungsi manajemen yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dilapangan kalau ada kekurangan agar diperbaiki dan juga pelaksanaan Program Kerja dapat dilakukan dengan teliti, cermat, objektif guna mewujudkan efektifitas dalam kegiatan serta meminimalkan kesalahan dan melihat sejauh mana kinerja satuan bawah dalam mendukung tugas pokok satuan.

“Keberadaan Tim Post Audit Kodam XIII/Merdeka diharapkan mampu membantu memberikan masukan dan perbaikan kepada Satuan yang menjadi objek, maupun kepada pimpinan guna mengambil keputusan yang tepat pada pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran.Tim Post Audit dilaksanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam mewujudkan efisiensi kegiatan sehingga diperoleh perpaduan data hasil pencapaian dan perhitungan anggaran yang sudah ditetapkan oleh komando atas,” tutur Kolonel Nicolas.

Setelah kegiatan pengecekan Administrasi Triwulan I TA 2022 pada masing-masing staf selesai dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan evaluasi hasil pengecekan yang disampaikan oleh tim post Audit Kodam XIII/Merdeka.

Dengan adanya Kegiatan Post Audit yang dilaksanakan ini bertujuan untuk melihat dan mengecek sejauh mana kinerja Satuan bawah Jajaran Kodam XIII/Merdeka dalam merealisasikan program kerja dan anggaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *