Babinsa Bantu Petani Desa Apado Jemur Kemiri

Bolmong37 views

B O L M O N G — Kemiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sering digunakan dalam berbagai olahan makanan sebagai bumbu masakan. Namun disamping hal tersebut, kemiri juga dapat memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kemiri yang hendak dikupas harus dijemur terlebih dulu di bawah terik matahari hingga kering. Proses ini kira-kira membutuhkan waktu tiga hingga tujuh hari atau lebih tergantung dengan kondisi cuaca. Penjemuran biji utuh kemiri tersebut dilakukan di ruang terbuka agar bisa terpapar sinar matahari lebih lama.

Hari ini, Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-02/Passi Sertu Nanang bersama Bapak Usa Mokodongan (58) menjemur kemiri hasil panen miliknya beberapa waktu yang lalu di Desa Apado Kecamatan Bilalang Kabupaten Bolaang Mongondow Induk, Selasa (05/04/2022).

Sertu Nanang mengatakan, Sebagian warga di Desa Apado memiliki perkebunan yang didalamnya berisikan pohon kemiri dan penjemurannya dilaksanakan di pekarangan yang cukup luas dibawah sinar matahari dengan tidak terhalang oleh pepohonan.

“Saya membantu Bapak Usa menjemur kemiri miliknya, saat akan berangkat ke wilayah binaan untuk melaksanakan anjangsana dan disini sudah menjadi hal yang biasa menjemur kemiri dalam jumlah yang cukup banyak,” ungkapnya.