Babinsa Bersama Warga Desa Dumoga Tiga Bersihkan Saluran Irigasi

Bolmong4 views

B O L M O N G — Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Koptu Nofri Mintje bersama warga melaksanakan kerja bakti membersihkan dan menormalisasikan saluran irigasi sepanjang 200 meter, Kamis (14/04/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan Babinsa bersama warga Desa Dumoga Tiga Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertujuan untuk memperlancar jalannya air menuju sawah dan mencegah terjadinya banjir.

Babinsa dan warga beramai-ramai memperbaiki saluran air secara gotong-royong sehingga proses renovasi saluran air dapat dilakukan dengan cepat sehingga semakin cepat pula untuk segera digunakan dalam mengairi lahan pertanian yang mana dapat berdampak positif pada peningkatan kesuburan dan hasil panen.

Saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian usai pembuatan harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sektor pertanian mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani.

Koptu Nofri Mintje juga menghimbau kepada warga binaannya agar dengan sadar tidak membuang sampah pada saluran irigasi karena pada saat musim penghujan sampah dapat menyumbat saluran air sehingga mengganggu persediaan bahan baku air pertanian.

“Semoga dengan kerja bakti ini dapat menormalkan fungsi saluran irigasi sehingga dapat memperlancar jalannya air menuju sawah dan mencegah terjadinya banjir,” tutur Koptu Nofri.