Babinsa Melaksanakan Ibadah Kuningan Bersama Warga Mopugad Selatan

Bolmong6 views

B O L M O N G — Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Sertu I Ketut Gede Arnawa bersama warga melaksanakan ibadah Kuningan yang bertempat di Desa Mopugad Selatan Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow, Sabtu (18/06/2022).

Ibadah Kuningan yang dilaksanakan bersama warga merupakan wujud kebersamaan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap yang Maha Kuasa.

Sertu I Ketut Gede Arnawa menuturkan, Ibadah Kuningan yang dipimpin oleh Pemangku Pura Pasek Dangke I Nyoman Suteja (58) bersama warga ini dirayakan setiap 210 hari pada hari Saniscara Kliwon, Wuku Kuningan.

“Dimana semua umat Hindu akan menyampaikan hatur sembah untuk memohon keberkahan, keselamatan, dan kesejahteraan untuk semua umat,” ucap Babinsa.

Makna perayaan hari raya Kuningan yaitu sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma. Umat Hindu merayakannya sebagai wujud kemenangan kebaikan dalam melawan kejahatan.

Ketika hari Kuningan tiba, diyakini para Dewa, Bathara, dengan diiringi para Pitara turun ke bumi hingga tengah hari. Oleh sebab itu, umat Hindu akan melakukan upacara dan persembahyangan sampai tengah hari.

“Saat persembahyangan turut dihaturkan sesajen yaitu tebog, canang meraka, pasucian, dan canang burat wangi pada palinggih utama. Sementara di palinggih lebih kecil disajikan nasi selangi, canang meraka, pasucian, dan canang burat wangi,” tutur Babinsa.