Pangdam Kasuari Cek Kesiapan Satgas Pam Puter, Kalian Garda Terdepan Jaga Kedaulatan NKRI

Sorong. kasuari18-tniad.mil.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., memimpin langsung acara pemeriksaan kesiapan operasi (Riksiap Ops) Satgas Pam Pulau Terluar (Puter) ke 26 tahun 2022, di Koarmada III, Jln. Yos Sudarso Katapop 1, Kelurahan Majaran, Distrik Salawati, Sorong, Papua Barat, Selasa (14/6/2022).

“Kalian adalah prajurit garda terdepan menjaga keutuhan kedaulatan NKRI, tugas adalah kehormatan lakukan tugas dengan baik, tulus dan ikhlas, TNI sebagai penjaga keutuhan NKRI harus selalu hadir dan tugas pengamanan pulau terluar adalah tanggungjawab kita semua dan ini adalah wujud pengabdian kita untuk bangsa dan negara yang kita cintai,” ucap Pangdam dalam sambutannya kepada prajurit Pasmar 3 yang disiapkan untuk Satgas Pam Puter di wilayah Timur Indonesia.

Satgas Pam Puter ini disiapkan untuk penugasan selama sembilan bulan, merotasi pasukan yang akan purna tugas, salah satu pulau yang akan dijaga adalah pulau Fani di Raja Ampat, Papua Barat yang berbatasan dengan Negara Palau, sedang pulau lainnya adalah pulau Ndana Rote, Pulau Batek di NTT dan Pulau Fanildo di Papua.

Pangdam mengingatkan agar setiap prajurit tidak ragu dengan tugas yang akan dilaksanakan, segala potensi kerawanan didaerah tugas supaya dipelajari dan dipahami, termasuk lakukan pendekatan yang baik dengan masyarakat dan hormati kearifan lokal sehingga tugas dapat berjalan lancar.

“Hindari pelanggaran hukum dan bertindak sesuai prosedur, pahami tugas pokok pengamanan pulau terluar bagi setiap prajurit yang ada, kendalikan diri, jaga moril dan kekompakan tim, tingkatkan kewaspadaan dan disiplin tempur ditempat tugas, jaga nama baik satuan dan hindari pelanggaran sekecil apapun serta tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pesan Pangdam diakhir kegiatan.

Riksiap Ops Satgas Pam Puter oleh Pasmar 3 dilaksanakan untuk melihat sejauh mana kesiapan satuan ini dalam menghadapi tugas dimana pemeriksaan meliputi personel, perlengkapan perorangan, perlengkapan satuan dan alutsista yang akan digunakan selama berada di daerah penugasan yang diharapkan semuanya sudah dalam kondisi yang sudah siap operasi.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Danrem 181/PVT, Brigjen TNI Wawan Erwan,S.E., M.M., Ir Kormar III, Brigjen TNI Marinir Cecep Ruhiat, Asops Kasdam XVIII/Kasuari, para Asisten Kormar III, Kasi Ops Kasrem 181/PVT dan para perwira Dansat Koarmada III.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *