Pangdam Kasuari Pimpin Apel Pengecekan Dilanjutkan Upacara Virtual Harlah Pancasila 

Nasional6 views

Manokwari. kasuari18-tniad.mil.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., terima langsung laporan kekuatan personel prajurit dari pimpinan satuan dan Kabalak yang ada di Lapangan Makodam XVIII/Kasuari, setelah itu dilanjut menonton secara virtual dari Videotron Upacara Hari Lahir 2022 dengan Irup Presiden RI Joko Widodo yang diselenggarakan di lapangan Pancasila Ende NTT, Rabu(1/6/2022).

Dalam apel pengecekan tersebut Pangdam menyampaikan agar pimpinan disatuan masing-masing betul-betul meyakinkan kondisi kesehatan anak buahnya, kalau ada yang sakit supaya berobat dan diikuti perkembangan agar bisa melaksanakan tugasnya kembali.

“Dalam Apel pengecekan ini, saya juga dapat melihat sejauhmana kesiapsiagaan kita dalam melakukan tugas, baik secara personel maupun senjata dan perlengkapan yang menjadi pegangan kita masing-masing. Dari sini kita dapat mengukur dan mengevaluasi kekurangan yang masih tampak, sehingga kita punya waktu untuk saling koreksi dan memperbaiki”.

“Untuk itu komandan satuan agar melaksanakan pengamatan, pengecekan mulai dari personel, materiil sampai dengan pangkalan dan berkaitan dengan kegiatan agar kita mantapkan lagi kegiatan standar sebagai seorang prajurit yang intinya adalah postur atau kebugaran dari prajurit,” kata Pangdam.

Disamping itu, Pangdam juga mengingatkan hari ini adalah hari lahirnya Pancasila.

“Saya sengaja mengajak kita semua untuk hadir dan menonton secara virtual upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dari Ende NTT, tempat dimana Pahlawan proklamator dan Presiden pertama RI Ir Soekarno pernah tinggal didaerah tersebut”.

“Kita harus tahu hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satunya Idiologi yang menjadi pemersatu bangsa dan negara kita”, maka sebagai prajurit dalam tugas menjaga keutuhan kedaulatan Negara, termasuk memastikan perlindungan terhadap bangsa, kita harus memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila agar tugas mulia dapat ditunaikan, saya mencoba merefleksikan ini dalam rangka membangkitkan, memantapkan dan memastikan bahwa profesionalisme prajurit dalam situasi apapun tetap terjaga dan terpelihara dengan baik,” ujarnya.

Di akhir acara, dilaksanakan penyerahan simbolis berupa satu unit Ambulance dukungan dari Bank BRI yang diserahkan langsung oleh Pangdam kepada perwakilan Batalyon 761/Kibibor Akinting.

(Pendam XVIII/Kasuari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *